Entri yang Diunggulkan

Kapolri Pimpin Upacara Puncak Peringatan HUT Korpolairud ke-70 Secara Virtual

  PEDOMAN.RAKYAT Jakarta - Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Pol Drs Idham Azis MSi, pimpin Upacara Puncak Per...

Porang Rembang Menembus Pasar Vietnam

 




PEDOMAN.RAKYAT Rembang  - Tanaman porang (Amorphophallus muelleri) tengah santer dibicarakan masyarakat. Kisah sukses petani umbi, kini berhasil menjadi miliader berkat bisnisnya berskala ekspor. Berdasarkan data Dinas Pertanian dan Perkebunan Jawa Tengah, kebutuhan porang untuk ekspor mencapai 200 ton ditahun 2020.


Umbi porang mengandung zat glucomannan berbentuk tepung. Glucomannan merupakan serat alami larut air dan biasa digunakan sebagai emulsifier dan pengental makanan. Porang digunakan untuk bahan baku tepung, kosmetik, penjernih air, lem, dan jelly.


Pelepasan 15 ton porang dalam bentuk white konjac chip atau lempengan menuju pasar Vietnam. Kegiatan ekspor disaksikan oleh Dinas Pertanian dan Perkebunan Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Rembang. Melalui ekspor ini, petani Rembang diharapkan konsisten memberi sumbangsih perekonomian dari bidang pertanian.


"Porang salah satu komoditas pertanian bernilai tinggi dan masuk dalam program Gratieks," ungkap Parlin selaku Kepala Karantina Pertanian Semarang.


"Permintaan porang terus meningkat dengan tren harga yang terus mengalami kenaikan. Kita akan terus mendorong serta memfasilitasi sampai ekspor,” tutup Parlin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel