Entri yang Diunggulkan

Kapolda Kalteng Sambut 100 Personel Brimob Kalteng BKO Papua

  PEDOMAN,RAKYAT KALTENG - Satbrimob Polda Kalteng Usai melaksanakan Ops Pam Rah Wan (Operasi Pengamanan Daerah Rawan ) BKO Polda Papua Tahu...

Kasad Berikan Instruksi RSPAD Terkait Penelitian Covid-19 I TNI AD 60’’

ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
PEDOMAN.RAKYAT JAKARTA - Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto bekerja sama dengan lembaga penelitian Eijkman dan Biofarma Bandung, tengah melakukan penelitian dari pemanfaatan convertion plasma dari penderita Covid-19. Dalam uji coba tersebut, RSPAD Gatot Soebroto juga telah menyelesaikan protokol penelitian, termasuk etik penelitian sesuai dengan standar yang berlaku yang telah disahkan oleh Komisi Etik RSPAD Gatot Soebroto.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Dalam teleconference lanjutan, pihak RSPAD Gatot Soebroto meminta persetujuan dan izin dari Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Andika Perkasa untuk melanjutkan penelitian tersebut dengan mengambil beberapa sampel dari pasien-pasien yang pernah terpapar Covid-19.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Terkait hal tersebut, Jenderal TNI Andika Perkasa memberikan beberapa arahan agar penelitian dapat berjalan dengan baik dan tanpa masalah. Ia mengatakan, peneliti harus mengikuti protokol penelitian dengan benar dan mendapat persetujuan dari pasien yang akan dijadikan objek penelitian.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
“Jangan sampai dilanggar, karena saya tidak ingin ada masalah. Kode etik dan protokol harus diikuti. Persetujuan dari pasien yang akan sukarela menjadi objek percobaan juga harus diperhatikan. Tidak boleh ada tekanan. Sehingga tidak ada masalah di kemudian hari,” tegas Jenderal TNI Andika Perkasa.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Kasad menambahkan, sepenuhnya ia mendukung penelitian tersebut untuk mencari temuan dalam menghadapi pandemi Covid-19. Namun, semua harus dilakukan sesuai prosedur agar tidak terjadi kesalahan di kemudian hari.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
“Saya strict untuk masalah objek penelitian ini. Bila perlu persetujuan keluarga, lakukan itu. Jangan main gampang. Ini menyangkut kredibitilas dokter RSPAD, kredibilitas RSPAD sendiri, juga kredibitilas Angkatan Darat,” Kasad mengingatkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel