Entri yang Diunggulkan

Perluas Lapangan Kerja, Pemerintah Tingkatkan Iklim Investasi dan Daya Saing Nasional

   PEDOMAN.RAKYAT JAKARTA - Pandemi Covid-19 yang masih berlangsung sampai hari ini, telah memberi pelajaran berharga bahwa rantai pasok bar...

Biro SDM Polda Sulsel terapkan sistem penilaian One Day Service pada Tes Kesamaptaan Jasmani dan Antropometri terhadap Peserta Bakomsus Perawat dan Bidan Polri T.A. 2020



MAKASSAR – SULSEL, 11 Orang Perawat dan 1 orang Bidan mengikuti tahapan tes Kesamaptaan Jasmani dan Antropometri pada penerimaan Bintara Kompetensi Khusus Perawat dan Bidan Polri T.A. 2020 di Polda Sulsel. 

Karo SDM Polda Sulsel Kombes Pol Anang Pudjijanto, S.I.K., M.Si, selaku Ketua Pelaksana Penerimaan Bakomsus Perawat dan Bidan Polri T.A. 2020 Polda Sulsel Membenarkan hal tersebut Saat ditemui oleh wartawan di Stadion Madya Atletik Sudiang Makassar.

Tahapan Tes ini ada dua Item pengujian dan pelaksanaannya juga di dua tempat yaitu Kesamaptaan Jasmani dilaksanakan di Stadion Madya Atletik Sudiang Makassar dan Antropometri dilaksanakan di Aula Serbaguna Mapolda Sulsel tepatnya pada hari ini Sabtu 18 April 2020 mulai pukul 06.00 s.d. 13.00 wita.

diawali dengan apel pengecekan peserta oleh Tim Sekretariat dan tetap memperhatikan jarak minimal 1,5 meter (psychal distancing) antara peserta dengan peserta, panitia dengan peserta serta para peserta diwajibkan menggunakan masker.  Dilanjutkan Pemberian Arahan oleh Ketua Pelaksana dan Ketua Tim Kesamaptaan Jasmani kepada Panitia dan peserta tentang tata cara pelaksanaan Tes Kesamaptaan Jasmani. Setelah itu Tim Sekretariat menyerahkan peserta ke tim kesamaptaan jasmani untuk dilakukan tahapan pengujian.

Ka SPN Polda Sulsel Kombes Pol Octo Budhi Prasetyo, S.I.K selaku Ketua tim Kesamaptaan Jasmani Menjelaskan bahwa Tes Kesamaptaan Jasmani dan Antropometri dilaksanakan sesuai jadwal yg ditentukan oleh Panitia Pusat dan pada Pengujiannya tetap mengacu pada Kep kapolri Nomor:Kep/399/V/2015 tanggal 6 Mei 2015 tentang perubahan atas Keputusan Kapolri Nomor:Kep/698/XII/2011 tanggal 28 Desember 2011 tentang pedoman administrasi Ujian Kemampuan Jasmani, Renang dan pemeriksaan Antropometri. Namun pada pelaksanaan penerimaan Bakomsus Perawat dan Bidan Polri T.A. 2020 ini item renang ditiadakan sesuai Pengumuman Kapolri Nomor:Peng/17/IV/DIK.2.1./2020 tanggal 15 April 2020.

Adapun item tes yang akan kami ujikan yaitu kesamaptaan A (Lari selama 12 Menit) dan Kesamaptaan B (Pull-up, Sit-up, Push-up dan Suttle-run) serta Antropometri. Semua item tes tersebut kami laksanakan sesuai ketentuan dan tetap memperhatikan petunjuk dan arahan Kapolri tentang Pencegahan serta meminimalisir penyebaran Virus Corona (COVID-19) dengan cara :
1. Mengukur suhu badan peserta dan panitia sebelum kegiatan dimulai;
2. Jarak antara peserta minimal 1,5 Meter (Pshycal Distancing);
3. Menyiapkan tempat cuci tangan yang dilengkapi dengan sabun dan air yang mengalir;
4. Dihimbau kepada peserta agar menggunakan masker terutama saat menunggu giliran maupun selesai kegiatan;
5. Para panitia menggunakan masker, sarung tangan dan hand sanitizer;
6. Disiapkan antiseptic dan lap untuk membersihkan palang tempat pegangan pull-up/chinning Setiap pergantian peserta.

Sesuai dengan Prinsip Penerimaan Terpadu Calon Anggota Polri T.A. 2020 yaitu Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH), maka Setelah seluruh rangkaian ujian kesamaptaan jasmani dan antropometri selesai, tim kami bersama akan megumumkan secara terbuka Nilai-nilai peserta kemudian peserta akan menanda tangani pada nilai yang mereka peroleh pada hari itu juga (One Day Service). Kemudian diumumkan secara terbuka dihadapan peserta. Selanjutnya Tim Kami menyerahkan Hasil ke Sekretariat.

Kombes Pol Anang menambahkan bahwa Pada Tahapan Kesamaptaan Jasmani ini sifatnya tidak menggugurkan namun hasil yang diperoleh oleh peserta langsung dikirim ke SSDM Polri selaku Panitia Pusat. Dan File hasil tersebut dimasukkan ke brangkas dalam keadaan tersegel dan brangkas dikunci oleh pengawas internal dan eksternal kemudian disimpan ke ruang Bidpropam. 

Seluruh Peserta akan mengikuti Tahapan Tes berikutnya yaitu Tes Psikologi Tahap I yang akan dilaksanakan pada hari Senin tanggal 20 April 2020 di lantai 4 Aula Bagpsikologi Biro SDM Polda Sulsel. Tutup Kepala Biro SDM Polda Sulsel Kombes Pol Anang Pudjijanto, S.I.K., M.Si. Sabtu(18/04/2020).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel